Pemerintah Masih Pertimbangkan Penurunan Harga BBM

| Senin, 20/04/2020 12:45 WIB
Pemerintah Masih Pertimbangkan Penurunan Harga BBM Petugas Pertamina Lakukan Pengisian BBM (Doc: Beritagar)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sehubungan dengan menurunnya harga minyak dunia, permintaan untuk menurunkan harga BBM domestik mulai banyak digaungkan oleh masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut pemerintah mengatakan pihaknya masih mencermati perkembangan global sekaligus mempertimbangkan kondisi energi di dalam negeri.

"Terkait harga BBM, saat ini Pemerintah masih mencermati dan mengevaluasi terkait perkembangan harga minyak, termasuk rencana pemotongan produksi minyak OPEC+ mulai bulan depan," ungkap Agung Pribadi, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jakarta, Senin 20 April 2020.

Dirinya juga mengaitkan dengan faktor ekonomi lain seperti pelemahan kurs rupiah dan demand bbm dalam negeri. Lebih lanjut Agung mengatakan pemerintah selama ini juga mendukung penyediaan subsidi dan kompensasi harga BBM dengan jumlah yang kian meningkat disebabkan harga minyak yang tinggi dibandingkan harga jual BBM dalam negeri.

"Pertimbangan lain yang dicermati bahwa kurs rupiah juga melemah dan konsumsi BBM jauh menurun, bahkan di beberapa kota seperti jakarta penurunan hingga 50 persen. Pemerintah memonitor perkembangan ini yang mana sebelumnya telah 2 kali dilakukan penurunan harga BBM JBU (pertamax cs) pada awal tahun 2020. Saat ini harga BBM Indonesia masih merupakan salah satu yang termurah di Asia Tenggara dan beberapa negara di dunia lainnya," tambahnya.

 

Tags : BBM , Turun , Minyak Dunia

Berita Terkait