Harga Minyak Mentah Sempat Tembus Zona Minus

| Rabu, 22/04/2020 12:43 WIB
Harga Minyak Mentah Sempat Tembus Zona Minus Harga Minyak Mentah Lagi-Lagi Turun (Foto: Fortune)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) di Perdagangan Senin terjun bebas hingga minus 40 dolar per barel di pasar berjangka untuk bulan Mei. Harga minus itu berarti, pembeli pasokan minyak bukannya membayar melainkan justru mendapatkan uang.

Sebagaimana diketahui, harga minyak dunia sangat terpukul akibat permintaan minyak dunia yang anjlok karena kebijakan lockdown di beberapa negara. Kebijakan tersebut mengakibatkan operasional transportasi udara di negara manapun berhenti. Akibatnya, pasar mengalami kelebihan suplai, sehingga tempat penyimpanan minyak penuh.

Dilansir dari detik, para pelaku pasar berebut menjual pasokan minyak yang berlebihan, yang mengakibatkan harga menjadj berada di bawah nol untuk kontrak bulan Mei. Para pedagang benar-benar berusaha menemukan pembeli dan akhirnya menawarkan akan membayar, jika ada yang ingin "membeli" minyaknya.

"Tidak ada lagi kapasitas penyimpanan yang tersedia, sehingga harga komoditas secara efektif nol," kata Bob Yawger, direktur saham berjangka di Mizuho, New York dikutip dari detik.

Tags : Minyak , WTI , Minus