Wishnutama Bicara Soal ‘Standar Baru’ Sektor Pariwisata di Pertemuan G20

| Sabtu, 25/04/2020 06:49 WIB
Wishnutama Bicara Soal ‘Standar Baru’ Sektor Pariwisata di Pertemuan G20 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio (Doc: Kemenparekraf)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio mengajak menteri-menteri pariwisata negara anggota G20 untuk bekerjasama menyiapkan standar baru di sektor pariwisata.

Menurutnya, munculnya pandemi covid-19 mengharuskan masyarakat untuk tetap berada di rumah. Situasi tersebut secara tidak langsung  membuat masyarakat makin terhubung secara digital dengan lebih intensif dari sebelumnya.

Menparekraf yakin fenomena ini akan terus berkembang menjadi “new normal” yang berdampak positif bagi sektor kepariwisataan.

Untuk itu ia mendorong seluruh negara terus bekerja sama dalam menyiapkan standar baru dalam menyikapi dinamika perubahan global akibat pandemi COVID-19 di sektor kepariwisataan.

"Indonesia yakin jika seluruh negara G20 bekerja keras saling bahu-membahu dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini, sektor kepariwisataan akan kembali membuktikan kemampuannya yang `resilient` menghadapi berbagai tekanan bencana serta masalah," kata Wishnutama dalam forum virtual, Jumat 24 April 2020.

"Kita harus dapat menetapkan norma-norma baru dalam menanggapi pandemi ini. Kita harus memperkuat kolaborasi untuk merumuskan dan mereformasi standar internasional, sehingga kita dapat bekerja sama dan saling membantu di semua sektor yang terkena dampak, terutama sektor pariwisata yang paling terpukul," kata Wishnutama.

Menurutnya saat ini yang dibutuhkan adalah kerja sama yang kuat dari antar negara untuk mendorong dunia dalam mitigasi dan pemulihan situasi. Baik selama pandemi maupun pasca pandemi.

“Indonesia siap untuk membantu, dalam merumuskan kebijakan global dan menerapkan norma dan standar baru,” pungkas Wishnu.

Tags : Pariwisata , Standar Baru , G29