Cara Grab Bantu UKM Selama Pandemi

| Senin, 18/05/2020 13:32 WIB
Cara Grab Bantu UKM Selama Pandemi Logo Grab (Foto: teknologi.bisnis.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Grab Holding Inc. menyampaikan pihaknya akan membantu UKM terdampak Covid-19 melalui program Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan Ketiga.

Dalam program tersebut, Grab akan melakukan program pembinaan terhadap lima startup terpilih agar UKM tetap dapat membangun bisnis yang kuat dan bertahan. Selama program ini, startup yang terpilih akan menguji layanan mereka ke basis merchant GrabFood. Merchant yang tertarik dapat mendaftarkan diri kepada Grab yang kemudian akan disambungkan kepada layanan dari startup tersebut. Layanan yang ditawarkan harapannya dapat membantu mereka meningkatkan kinerja, sekaligus mengurangi biaya operasional.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menyampaikan dirinya memahami bahwa pandemi telah membawa dampak yang tidak terduga pada UMKM.

“Kami memahami bahwa startup juga menghadapi dampak yang tidak terduga. Melalui bimbingan dari GVV Angkatan 3, kami berupaya untuk dapat membina startup agar dapat bertahan dan membangun bisnis yang kuat terhadap dampak seperti saat ini. Kami percaya bahwa teknologi dapat memberikan dampak yang sangat besar kepada sektor UKM di bidang makanan dan minuman khususnya selama pandemi ini.

Pihak Grab telah memutuskan beberapa startup yang dinilai dapat mendukung operasional usaha kuliner dan membantu UKM dalam mempertahankan bisnisnya dengan teknologi. Kelima startup ini berasal dari empat startup Indonesia, (Luna POS, KliknClean, Printerous dan GetCraft), dan satu startup berasal dari Singapura, (Workmate) dengan Indonesia sebagai pasar utamanya.

“Kami memilih lima startup ini karena mereka adalah ahli di berbagai sektor seperti manajemen keuangan, solusi kebersihan, branding, pemasaran, dan solusi tenaga kerja yang akan bermanfaat dalam mendukung UKM di bidang makanan dan minuman di Indonesia kedepannya.”

Sebagaimana diketahui, sekitar 80% startup di Asia dan juga 60% usaha kuliner di Indonesia telah terkena dampak negatif dari peristiwa pandemi COVID-19 ini. Kondisi ini telah menjadikan GVV untuk menyesuaikan konsep programnga ke satu jalur.

“Program GVV akan berlangsung selama 16 minggu, setelah itu kelima startup akan melakukan pitching kepada Grab. Startup yang berhasil akan mendapat kesempatan untuk berkolaborasi bersama Grab dalam bentuk kemitraan komersial,” demikian kutipan resmi dari Grab.

Tags : Grab , UMKM , Start up

Berita Terkait