OJK Siap Implementasikan Program Subsidi Bunga Pemerintah

| Rabu, 24/06/2020 14:16 WIB
OJK Siap Implementasikan Program Subsidi Bunga Pemerintah Gedung Otoritas Jasa Keuangan (Foto: Arah.co)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Otoritas Jasa Keuangan mengatakan pihaknya siap mengimplementasikan program subsidi bunga dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional. Implementasi ini akan dilaksanakan melalui penyediaan data dan informasi debitur perbankan dan perusahaan pembiayaan yang layak mendapatkan subsidi bunga.

"Subsidi bunga ini adalah program Pemerintah yang harus berjalan dan dapat segera dirasakan masyarakat," kata Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK, Anto Prabowo, Rabu 24 Juni 2020.

Anto mengatakan data dan informasi debitur yang disiapkan OJK ini antara lain melalui data SLIK (Sistem Layanan Informasi Kredit) yang sesuai kriteria pemberian subsidi bunga yang bisa digunakan Kementerian Keuangan melalui SIKP (Sistem Informasi Kredit Program) termasuk untuk memvalidasi data NPWP dan NIK serta pemenuhan persyaratan lainnya.

OJK, lanjutnya juga telah berkomunikasi dan sosialisasi kepada industri perbankan dan perusahaan pembiayaan mengenai implementasi program subsidi bunga ini. Selain itu, OJK juga sudah menggelar sosialisasi virtual kepada sekitar 1000 peserta dari perbankan dan perusahaan pembiayaan serta beberapa asosiasi di industri jasa keuangan.

Pihaknya kemudian meminta Bank Umum, BPR dan Perusahaan Pembiayaan menginformasikan kepada debiturnya dan mengkonfirmasi kelayakan dan tatacara sebagai debitur yang layak memperoleh subsidi bunga.

“OJK akan meminta perbankan dan perusahaan pembiayaan menyediakan daftar nominatif debitur yang pada waktunya ketika program ini dinyatakan berjalan oleh Kemenkeu, maka program ini dapat segera terealisi.” Jelas Anto

Sementara itu, jika dalam pelaksanaan terdapat hambatan maka OJK dan Kemenkeu akan terus berkoordinasi untuk mencarikan solusi agar program ini berjalan baik sesuai dengan prosedur dan tatacara yang mengedepankan aspek governance.

 

Tags : OJK , Subsidi Bunga