Legislator PKB Tegaskan Setiap Perencanaan PT Freeport Harus Libatkan BUMD

| Rabu, 01/07/2020 15:50 WIB
Legislator PKB Tegaskan Setiap Perencanaan PT Freeport Harus Libatkan BUMD Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII DPR RI Ratna Juwita Sari menegaskan bahwa dalam menyiapkan perencanaan pengembangan PT Freeport ke depan, MIND ID harus selalu melibatkan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Papua. Menurutnya, sekecil apapun perkembangan PT Freeport, maka seluruh pemegang saham perlu diajak berdiskusi.

"Saat ingin bicara mengenai perkembangan PT Freeport kedepan, kita harus ajak pemegang saham duduk bareng. Dalam hal ini yang diakui Pemerintah adalah MIND ID dan BUMD di sana," kata Ratna dalam keterangannya, Selasa, 30 Juni 2020.

Legislator Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menuturkan kalau Komisi VII berkomitmen mendorong MIND ID untuk melibatkan BUMD Papua mengenai masa depan PT Freeport. "Mereka tidak boleh menafikan kalau 10% saham Freeport itu milik BUMD. Saya dan Komisi VII DPR RI masih komimen apapun progressnya Freeport kedepan harus melibatkan BUMD," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ratna juga mempertanyakan skema MIND ID dalam meningkatkan Pendapatan negara Bukan Pajak (PNBP) yang selama tiga tahun terakhir terus mengalami penurunan. Menurutnya, PNBP sangat penting untuk menjadi sektor pemasukan pada APBN sehingga skema MIND ID harus jelas dan bisa menguntungkan negara.

"Kita minta skema MIND ID secara rinci karena dari 2018 sampai 2020 tren PNBP terus turun," tandasnya.

Tags : DPR RI , PT Freeport , BUMD , Papua , PKB