Bank Dunia Naikkan Peringkat Indonesia Jadi Upper Middle Income Country

| Kamis, 02/07/2020 11:40 WIB
Bank Dunia Naikkan Peringkat Indonesia Jadi Upper Middle Income Country Jakarta, Indonesia di Sore Hari (Doc: Azamara)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Di tengah upaya Pemerintah dan masyarakat Indonesia berjuang mengatasi dampak pandemi Covid-19, Lembaga Internasional memberikan apresiasi terkait ketahanan ekonomi Indonesia.

Dilansir dari laporan resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Per tanggal 1 Juli 2020, Bank Dunia menaikkan status Indonesia dari lower middle income country menjadi upper middle income country. Kenaikan status tersebut diberikan setelah berdasarkan assessment Bank Dunia terkini, GNI per capita Indonesia tahun 2019 naik menjadi USD4.050 dari posisi sebelumnya USD3.840.

“Kenaikan status Indonesia ini merupakan bukti atas ketahanan ekonomi Indonesia dan kesinambungan pertumbuhan yang selalu terjaga dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut juga merupakan buah kerja keras masyarakat dan Pemerintah Indonesia dalam upaya untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkualitas dan berkelanjutan,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, Rabu 1 Juli 2020.

Sebagaimana diketahui, Bank Dunia membuat klasifikasi negara berdasarkan GNI per capita dalam 4 kategori, yaitu: Low Income (USD1.035), Lower Middle Income (USD1.036 - USD4,045), Upper Middle Income (USD4.046 - USD12.535) dan High Income (>USD12.535).

Bank Dunia menggunakan klasifikasi ini sebagai salah satu faktor untuk menentukan suatu negara memenuhi syarat dalam menggunakan fasilitas dan produk Bank Dunia, termasuk loan pricing (harga pinjaman).

 

Tags : Bank Dunia , Peringkat , Menkeu

Berita Terkait