Kemenkop Libatkan PERBARINDO Percepat Penyaluran Anggaran UMKM

| Kamis, 02/07/2020 12:30 WIB
Kemenkop Libatkan PERBARINDO Percepat Penyaluran Anggaran UMKM Mata Uang Garuda, Rupiah (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Perbarindo (Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia) guna mempercepat penyaluran anggaran PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional ) bagi UMKM.

"Perbarindo adalah organisasi yang menghimpun BPR- BPRS yang merupakan salah satu ujung tombak penyaluran pembiayaan untuk UMKM. Jumlah nasabah Perbarindo ada 4 juta UMKM dengan uang yang berputar sebesar 122 triliun,” kata MenkopUKM, Teten Masduki di Jakarta, Senin 29 Juni 2020.

Menurutnya, BPR-BPRS yang menjadi bagian program restrukturisasi ini banyak memiliki kendala akibat nasabahnya yang kesulitan membayar cicilan bunga kredit. Hal ini yang akan segera difasilitasi pemerintah melalui subsidi bunga.

Teten menambahkan bahwa pemerintah ingin penyaluran anggaran PEN di mana alokasi buat UMKM sebesar Rp123,46 Triliun, dari total anggaran PEN Rp695, 2 triliun, bisa dilakukan secepatnya.

"Untuk itulah kami bekerja sama dengan Perbarindo, yang memiliki sekitar 4 juta nasabah UMKM, untuk segera melakukan restrukturisasi kredit, berupa penundaan pembayaran cicilan bunga pada UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 " jelas MenkopUKM.

Tags : UMKM , Anggaran , PEN

Berita Terkait