Denpasar Ekspor Perdana Batang Kamboja ke AS

| Kamis, 02/07/2020 13:56 WIB
Denpasar Ekspor Perdana Batang Kamboja ke AS Pohon Kamboja (Doc: Istimewa)

DENPASAR, RADARBANGSA.COM – Memasuki Masa New Normal, Pulau Bali secara perdana mengekspor 135 batang Kamboja ke Negara Paman Sam.

Kepala Karantina Pertanian Denpasar, Putu Terunanegara mengatakan nilai ekspor ratusan batang Kamboja kali ini setara dengan 24 Juta Rupiah.

“Bibit bunga kamboja ini di Negara tujuan akan dipergunakan sebagai bibit, oleh karenanya eksportir wajib melengkapi persyaratan Surat Ijin Pengeluaran atau Sipmentan dari Menteri Pertanian”, ujar Putu.

Di Bali, Pohon Kamboja merupakan hal yag sangat populer karena ditanam hampir di setiap pura dan sudut kampung yang berfungsi sebagai pesona kebudayaan setempat. Pesona Pohon Kamboja ini nampaknya telah memikat warga Amerika Serikat.

Berdasarkan data Badan Karantina Pertanian, Indonesia hingga semester pertama tahun 2020, Indonesia telah mengekspor sebanyak 9.258.482 batang tanaman hias dengan nilai Rp 8,25 miliar. Nilai ini meningkat pesat dibandingkan tahun 2019 yang hanya mengekspor 1.905.852 batang dengan nilai Rp. 583,8 juta.

Tags : Denpasar , Kamboja , Ekspor

Berita Terkait