Pemda Diminta Kreatif Rumuskan Kebijakan Ekonomi Daerah

| Sabtu, 11/07/2020 13:39 WIB
Pemda Diminta Kreatif Rumuskan Kebijakan Ekonomi Daerah Pengusaha Kelas Menengah (Doc: Pagar)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Staf Khusus Menteri Keuangan, Candra Fajri Ananda mengatakan pentingnya Pemerintah Daerah (Pemda) merumuskan program prioritas dan menganggarkan program tersebut dengan seksama. Hal ini selain untuk mendukung pertumbuhan juga agar cita-cita menjadi negara maju di tahun 2045 dapat terwujud.

"Saat pemerintah pusat melakukan banyak inovasi kebijakan, mestinya daerah punya inisiatif misalnya pajak daerah dinolkan untuk beberapa bulan ke depan secara legal, tidak masalah, mengacu ke Perppu (No.1/2020),” jelas Candra, Jumat 10 Juli 2020.

Candra menyadari bahwa kondisi di daerah mungkin tidak bisa disamakan dengan Jakarta, namun ia berharap setidaknya kualitas pendidikan dan kesehatan merata di seluruh Indonesia. 

"Kita tidak akan bisa mendorong daerah di remote area menjadi Jakarta semua. Minimal, yang kita inginkan public services quality terutama pendidikan dan kesehatan itu sama kualitasnya di seluruh Indonesia," tukasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa daerah yang ekonominya tertinggal rata-rata Indeks Pembangunan Manusia (IPM)nya rendah. Tidak bisa hanya diselesaikan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Ketika ekonomi sudah sembuh dari Covid, kita siap melompat dan tumbuh untuk kembali normal, Ini saat yang tepat untuk daerah mulai berpikir ulang bagaimana mensetting kembali kebijakan anggarannya agar in line dengan kebutuhan yang saat ini kita hadapi," jelasnya.

Tags : Pemda , Ekonomi Daerah

Berita Terkait