UMKM Siap Penuhi Kebutuhan Logistik Jamaah Haji

| Jum'at, 24/07/2020 11:56 WIB
UMKM Siap Penuhi Kebutuhan Logistik Jamaah Haji Pengusaha UMKM (Doc: Radar Surabaya)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani menyampaikan kesiapannya untuk andil dalam pelayanan haji Indonesia. Hal ini Ia ungkapkan saat bertemu dengan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Ketua Komite Bilateral Timur Tengah KADIN Fachri Thalib mengungkapkan saat ini pengusaha KADIN sudah siap dan sanggup memenuhi kebutuhan makanan siap saji bagi jemaah haji.

“Apabila kerjasama dapat dilakukan, maka dapat mendorong peningkatan UMKM. Dengan 400 cabang yang tersebar di seluruh daerah kabupaten kota, posisi UMKM akan naik. “Diaspora sudah memakai produk binaan KADIN, sehingga produk-produk UMKM dikenal di penjuru dunia. Harapan ini juga kiranya jemaah haji Indonesia bisa menggunakan produk KADIN,” harap Fachri

Sementara itu Menag menilai jika penyelenggaraan haji sampai saat ini memang belum maksimal. Harapannya sebagai kontingen terbesar, jemaah haji akan dapat pelayanan maksimal.

Ia menambahkan, bahwa Indonesia harus bjsa memanfaatkan momen ini, jangan sampai negara lain memanfaatkannya.

Pelayanan haji ini contohnya adalah kebutuhan untuk penyediaan bumbu makanan. Indonesia dapat menyediakan bumbu asli Indonesia karena pasalnya, saat ini baru setengah dari kebutuhan yang bisa terpenuhi.

“Dari 600 ton, baru 300 ton yang bisa kita penuhi,” jelasnya.

Ia pun mengungkapkan untuk pemenuhan konsumsi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi saat ini sebagian masih menggunakan bahan baku pangan dari negara lain. Diakui Ramadan, untuk kebutuhan bahan baku pangan, Vietnam, Thailand, Laos memenuhi pasar bahan pokok di Arab Saudi. “Seperti beras, kita masih menggunakan beras dari Thailand,” pungkasnya.

Tags : UMKM , Haji , Bumbu Masak

Berita Terkait