Perlunya Sektor Ekonomi Syariah Beradaptasi di Era Kenormalan Baru

| Rabu, 29/07/2020 15:29 WIB
Perlunya Sektor Ekonomi Syariah Beradaptasi di Era Kenormalan Baru Ekonomi Syariah (Doc: EKBIS Sindonews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Memasuki era kenormalan baru, sektor ekonomi syariah dinilai perlu melakukan adaptasi guna tetap kebal di tengah guncangan teknologi dan tidak menimbulkan risiko di bidang kesehatan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo dalam kegiatan Tasyakuran Program Penguatan Ekosistem Halal Value Chain, yang dilaksanakan pada 27 Juli 2020 mengatakan setidaknya terdapat 3 (tiga) langkah adaptasi yang harus dipersiapkan sektor ekonomi syariah dalam menghadapi era kenormalan baru.

Pertama, penggunaan teknologi yang semakin intensif termasuk untuk membuka peluang pasar dan distribusi barang.

Kedua, memanfaatkan peluang pengembangan alternatif usaha dan ketiga, meningkatkan kesempatan untuk memperat kolaborasi dan sinergi antar pelaku usaha. D

emikian disampaikan Bank Indonesia berkerjasama lintas lembaga di bawah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) selalu berkomitmen untuk mendorong pemberdayaan ekonomi syariah sehingga dapat bersaing secara nasional maupun global.

BI juga menyampaikan perlunya strategi untuk mendorong ekonomi syariah di kancah global, salah satunya melalui penguatan ekosistem Halal Value Chain (HVC). Kegiatan ini meliputi rangkaian agenda yang dapat menghasilkan nilai tambah pada setiap bisnis proses dengan menekankan pada aspek kepatuhan terhadap nilai dan prinsip dasar syariah.

Pengembangan ekosistem Halal Value Chain ini utamanya dilakukan di empat sektor utama, yaitu pertanian (integrated farming); industri makanan halal dan fesyen muslim yang diwujudkan dalam program pengembangan Industri Kreatif Syariah (IKRA); pariwisata halal; serta pengembangan renewable energy.

Upaya-upaya tersebut dilakukan dengan menggandeng berbagai pelaku usaha, diantaranya komunitas pesantren, UMKM syariah, korporasi dan berbagai pelaku industri lainnya.

 

Tags : Ekonomi Syariah , Adaptasi , Normal Baru

Berita Terkait