Hanya Maluku dan Papua yang Tumbuh Positif, Sisanya Minus

| Kamis, 06/08/2020 15:06 WIB
Hanya Maluku dan Papua yang Tumbuh Positif, Sisanya Minus Kapal ternak Kemenhub (foto: dephubgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Rabu lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan laporan pertumbuhan ekonomi nasional.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan jika pulau Jawa dan Sumatera masih memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB nasional yang masing – masing memberikan sumbangan 58,55 persen dan 21,49 persen.

“Secara spasial, Pulau Jawa dan Sumatera masih memberikan kontribusi terbesar pada perekonomian Indonesia di Triwulan II tahun 2020. Sumbangan dari Jawa dan Sumatera itu adalah sebesar 80,04 persen,” jelasnya pada Rabu 6 Agustus 2020.

Kendati demikian ia menyebut jika secara keseluruhan pulau di Indonesia mengalami pertumbuhan negatif kecuali Pulau Maluku dan Papua.

“Tetapi bisa juga dilihat disini bahwa pertumbuhan ekonomi di seluruh pulau mengalami pertumbuhan negatif kecuali untuk Maluku dan papua,” jelasnya.

Dari keenam pulau, hanya Pulau Maluku dan Papua yang mengalami pertumbuhan sebesar 2,36 persen. Sedangkan kelima pulau sisanya yaitu, Jawa minus 6,69 persen, Bali dan Nusa Tenggara minus 6,29 persen, Kalimantan minus 4,35 persen, Sumatera minus 3,01 persen dan Sulawesi minus 2,76 persen.

Suhariyanto menyebut alasan Maluku dan Papua tumbuh positif di Triwulan II 20202 ini karena adanya peningkatan produksi biji tembaga dan emas.

“Hal yang sama juga terjadi untuk Papua Barat, pada triwulan II 2019 lalu pertumbuhannya mengalami kontraksi 0,49 persen dan sekarang tumbuh tipis karena adanya peningkatan produksi LNG,” ungkapnya.

Tags : Maluku Papua , BPS , Minus , Pertumbuhan

Berita Terkait