Provinsi dengan Kasus Covid Tertinggi Catat Kontraksi Ekonomi Tertajam

| Senin, 10/08/2020 16:03 WIB
Provinsi dengan Kasus Covid Tertinggi Catat Kontraksi Ekonomi Tertajam Masyarakat Gunakan Masker Selama Pandemi (Doc: Harian Nasional)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Pemerintah menandai jika provinsi yang memiliki kasus penyebaran Covid-19 tertinggi di Indonesia cenderung mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi tertajam pada kuartal II 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mencatat beberapa provinsi ini adalah Bali, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimatan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Kalimatan Tengah.

“Provinsi dengan kasus covid tertinggi cenderung menujukkan pertumbuhan ekonomi yang merosot tajam, kalau kita lihat dari mulai Bali dalam hal ini pertumbuhan kuartal keduanya mengalami kontraksi hingga sebelas persen dimana total kasusnya mencapai 3.862,” jelasnya, Senin 10 Agustus 2020.

Ia menuturkan Bali mengalami kemerosotan bukan hanya karena masyarakatnya yang terjangkit Covid-19 akan tetapi karena Bali Juga mengalami kemerosotan pada tingkat tourism.

“Kalo kita lihat disini Jakarta yang juga merupakan epicentrum di kuartal II terkontraksi minus 8,4 dan karena kontribusinya sekitar 18 persen, maka pengaruhnya terhadap perekonomian nasional menjadi sangat signifikan,” tuturnya lagi.

Untuk provinsi lainnya yang memiliki kasus covid tertinggi dan mengalami kontraksi tertajam  adalah Banten dengan total 2.013 kasus dan kontraksi sebesar minus 7,4 persen, Jawa Barat yang dengan total 7.147 kasus dan kontraksi minus 6 persen, Jawa Tengah yang memiliki 10.383 kasus dan kontraksinya minus 6 persen serta Jawa Timur dengan total 24.493 kasus dengan kontraksi minus 5,92 persen.

Tags : Kontraksi , Ekonomi , Covid

Berita Terkait