Faisol Riza: Jumlah Tenaga Kerja yang Direkrut Melalui Investasi Cukup Besar

| Rabu, 12/08/2020 14:50 WIB
Faisol Riza: Jumlah Tenaga Kerja yang Direkrut Melalui Investasi Cukup Besar Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza (dok IG @masfaisolriza)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Anggota DPR RI sekaligus Ketua Komisi VI, Faisol Riza menyebut jika masyarakat perlu dibekali informasi lengkap mengenai pemahaman tentang investasi. Pasalnya ia menilai banyak masyarakat mengalami misinformasi tentang urgensi Investasi di Indonesia.

“Ada informasi yang jauh diterima oleh masyarakat kita sehingga persepsi itu betul-betul berasal dari informasi terbatas yang diterima oleh masyarakat,” jelasnya dalam sebuah wawancara yang diterbitkan oleh SMRC, Selasa 11 Agustus 2020.

Faisol berpendapat masyakat perlu tahu bahwa investasi nyatanya dapat merekrut jumlah tenaga kerja yang cukup besar.

“Saya tidak membela pemerintah, tapi saya kira kita perlu ada objektif sesuai dengan informasi yang diberikan kepada kami di komisi VI, bahwa ada cukup besar jumlah tenaga kerja yang direkrut melalui investasi,” ujar Politisi PKB ini.

Tercatat di Kuartal I 2020, tenaga kerja yang terserap mencapai 303.085 orang, angka ini naik secara year on year (yoy) meskipun setelahnya muncul pandemi. Angka ini memberikan porsi yang hampir mencapai 28,75 persen.

“Sekalipun dari 303.000 ribu itu yang berasal dari PMN itu 151.919, dari PMDN—penanaman modal dalam negeri—151, 100.166 orang. Jadi kurang lebih sama 50%-50%,” ungkapnya.

Ia juga menyebut bahwa pertumbuhan tenaga kerja di Indonesia sebenarnya masih terbilang lumayan, terlebih jika dibandingkan dengan situasi perlambatan ekonomi global yang terjadi selama satu-dua tahun terakhir.

“Menurut saya, ini sebagai informasi mustinya pemerintah sampaikan sehingga masyarakat kita tidak menerima informasi yang terbatas," pungkasnya.

Tags : Faisol Riza , Investasi , Tenaga Kerja

Berita Terkait