Erick Thohir Minta BUMN Berpihak pada UMKM

| Sabtu, 15/08/2020 15:55 WIB
Erick Thohir Minta BUMN Berpihak pada UMKM Pengusaha UMKM. (Foto: intitradacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri BUMN, Erick Tohir menegaskan bahwa BUMN wajib melakukan keberpihakan terhadap koperasi dan UMKM. Ia menginginkan agar sumber daya yang dimiliki BUMN di seluruh Indonesia dapat dioptimalkan untuk mengembangkan UMKM, termasuk koperasi. 

"Saya berharap, dengan sinergi tersebut pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 bisa segera bangkit," tandas Erick, Jumat 14 Agustus 2020

Erick menyampaikan saat ini kerjasama yang sudah dilakukan antara Bank BRI, PNM, dan Pegadaian adalah membangun program Satu Data

“Selama banyak yang mempertanyakan terkait data UMKM. Kerjasama itu mengkongritkan ketersediaan data KUMKM yang akurat", ujar Erick.

Tahun depan, ia melanjutkan jika akan ada sinergi antara Smesco Indonesia dengan Sarinah. Smesco akan berperan sebagai coaching dan lab, sedangkan Sarinah menjadi pusat trading produk UMKM.

Pada Pasar Digital (PaDI), UMKM akan berkesempatan untuk memaksimalkan peluang dari capex (capital expenditure/belanja modal) dari perusahaan-perusahaan BUMN. 

Dengan peluang tersebut, maka pangsa pasar UMKM akan lebih banyak ditangkap BUMN. Sebagai tahap awal akan diikutsertakan sembilan BUMN untuk terlibat dalam program tersebut. 

"Selanjutnya, tahun depan, akan menjadi 30 BUMN dan setelah Juni 2021 diharapkan seluruh BUMN bisa terlibat dalam program tersebut," kata Erick.

Tags : Erick Thohir , BUMN , Wajib , UMKM

Berita Terkait