Pertamina dan Chandra Asri Teken Kontrak Kerjasama Pengembangan Petrokimia

| Rabu, 26/08/2020 11:15 WIB
Pertamina dan Chandra Asri Teken Kontrak Kerjasama Pengembangan Petrokimia Rencana Pembangunan dan Revitalisasi Kilang Minyak di Indonesia (Foto: Tabloidbintang.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - PT Pertamina (Persero) melakukan penandatanganan perjanjian dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk lewat Head of Agreement (HoA) terkait kerja sama bisnis petrokimia di Indonesia. 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan kerja sama ini dapat menekan impor petrokimia dan mengembangkan bisnis petrokimia di dalam negeri.

“Pada Tahun 2019  lalu, waktu itu kita melakukan penjajakan secara umum untuk melihat potensi kerja sama, melihat peluang pengembangan petrochemical dalam rangka menurunkan impor,” ujar Nicke, Rabu 26 Agustus 2020.

Nicke menambahkan, petrokimia merupakan salah satu pengembangan bisnis dan mitigasi jangka Panjang. Bahkan, ia mentali jika petrokimia akan menjadi bisnis masa depan bagi kedua perusahaan.

“Saat ini Pertamina juga menghasilkan beberapa produk yang menjadi bahan baku petrokimia. Maka dirasa tepat jika petrokimia menjadi hilirisasi produk kilang-kilang Pertamina,” kata Nicke.

Nicke menegaskan, Pertamina siap bersama dengan Chandra Asri untuk mengembangkan kilang petrokimia. Apalagi, Pertamina sudah memiliki kilang yang diupgrade dengan kemampuan berbasis petrokimia. 

“Kita punya RDMP Balikpapan, Balongan, Cilacap, Dumai kita upgrade dan tingkatkan kerja sama hulu dan hilir. Kemudian agar bagaimana produk petrokimia  di Indonesia bisa  kompetitif dan bisa masuk dan leading di Asia itu tugas kita Bersama,” katanya.

Tags : Petrokimia , Pertamina , Chandra Asri

Berita Terkait