BI: Perekonomian Global dan Domestik Mulai Tunjukkan Perbaikan

| Selasa, 01/09/2020 07:23 WIB
BI: Perekonomian Global dan Domestik Mulai Tunjukkan Perbaikan Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Memasuki periode akhir Kuartal III, Pengamat ekonomi menilai perekonomian global dan domestik mulai menunjukkan tanda - tanda perbaikan.

Diungkapkan oleh Direktur Komunikasi BI, Onny Widjanarko, di sektor perekonomian global, beberapa negara mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan, meskipun masih terdapat ketidakpastian di pasar keuangan.

“Perkembangan terkini mengindikasikan perbaikan ekonomi mulai terlihat di beberapa negara, khususnya di Tiongkok, didorong dampak penyebaran pandemi Covid-19 yang telah berkurang dan stimulus kebijakan fiskal yang besar,” ungkap Onny dalam keterangannya, Senin 31 Agustus 2020.

Ia memaparkan kondisi ketidakpastian pada pasar keuangan global masih meningkat karena didorong kekhawatiran terhadap terjadinya gelombang kedua pandemi Covid-19, prospek pemulihan ekonomi global, dan kenaikan tensi geopolitik AS – Tiongkok.

Kendati demikian ia menilai jika ekonomi domestik mulai terindikasi adanya perbaikan menjelang semester II 2020.

“Menjelang semester II 2020 pertumbuhan ekonomi domestik diprakirakan membaik, didorong oleh kenaikan permintaan domestik sejalan relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), peningkatan realisasi APBN sebagai stimulus kebijakan fiskal, berlanjutnya stimulus kebijakan moneter, kemajuan dalam restrukturisasi kredit dan dunia usaha, serta dampak positif meluasnya penggunaan media digital,” pungkasnya.

Tags : BI , Perbaikan , Perekonomian , Global