Ekonom: Kunci Pemulihan Ekonomi Ada di Kesehatan Masyarakat

| Kamis, 03/09/2020 16:42 WIB
Ekonom: Kunci Pemulihan Ekonomi Ada di Kesehatan Masyarakat Masyarakat Gunakan Masker Selama Pandemi (Doc: Harian Nasional)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Ketua Ekonom Senior sekaligus pendiri INDEF, Faisal Basri menyampaikan jika kesehatan masyarakat menjadi kunci pemulihan ekonomi ke depan.

“Sadarilah bahwa krisis kali ini berbeda. Kalau krisis krisis sebelumya itu disebabkan sektor financial, obatnya sudah ada di apotek,” ungkapnya dalam sebuah diskusi di pekan lalu.

Ia menyebut jika resep baku saja tidak cukup, karena ada beberapa dimensi yang harus dikedepankan seperti menyelamatkan nyawa manusia, utamanya generasi muda.

“Melihat bahwa kuncinya adalah di kesehatan,  karena saving lives is saving the economy,” ungkapnya.

Oleh karenanya pendekatan yang harus dilakukan saat ini harus interdisiplin, tidak hanya dari aspek kesehatan saja namun dari aspek ekononomi.

Faisal Basri lalu menjelaskan jika ekonomi negara di dunia sebagian besar mengalami collapse. Indonesia saat ini ternilai masih lebih lumayan daripada Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura.

“Bukan karena kita daya tahannya bagus atau hebat, karena kita menangani virusnya separuh separuh, tanggung.  Mereka konsisten melaksanakan lockdown, testing masal, contact tracing sehingga jelas membuat ekonomi banyak ditutup. Kalo kata pak presiden kita kayak gas rem gas rem,” tukasnya.

Tags : kesehatan masyarakat , pemulihan ekonomi

Berita Terkait