Kadin: Demand dan Supply Kunci Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi

| Jum'at, 11/09/2020 12:38 WIB
Kadin: Demand dan Supply Kunci Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani (Doc: Kadin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung pemerintah untuk melakukan akselarasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Kadin menilai, hal ini dapat terwujud jika Indonesia mampu membenahi secara fundamental khususnya dengan menjaga deman agregat dan supply agregat secara bersamaan.

Menurutnya tiga faktor demand agregat yang utama adalah konsumsi, investasi dan ekspor.

“Kalau sektor-sektor ini bisa diatasi, maka akan bisa memberikan kontribusi besar pada perbaikan ekosistem yang jauh lebih baik dalam peta geoekonomi kita yang pada gilirannya akan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi nasional,” ungkap Rosan, Jumat 11 September 2020.

Seperti diketahui sebelumnya, Indonesia memprediksi ekonomi akan bisa tumbuh antara 4,5 - 5,5% di tahun 2021 dengan asumsi utama ekonomi global pulih dan vaksin covid-19 sudah diproduksi secara massal.

Kadin menilai, target capaian itu akan bergantung pada capaian kinerja pada kuartal-III dan IV tahun 2020 yang diharapkan berangsur membaik hingga akhir tahun.

Dia pun menegaskan, selain dari anggaran belanja pemerintah, tingkat konsumsi, investasi dan ekspor juga akan sangat berperan dalam pemulihan ekonomi dan besar kontribusinya terhadap PDB.

Rosan memaparkan, persoalan konsumsi berarti terkait dengan daya beli masyarakat menjadi faktor kunci, dan inflasi yang stabil sangat diperlukan untuk mendorong konsumsi nasional.

Investasi juga menjadi faktor penting dalam masa-masa pemulihan ekonomi yang diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan, tapi syaratnya harus diintermediasi dengan suku bunga rendah. 

“Terkait ekspor, tidak bisa dikontrol oleh kita begitu pula investasi. Permintaan ekspor barang dan jasa sangat tergantung pada kondisi perekonomian semua negara mitra dagang,” kata dia.

Tags : Kadin , Akselerasi Ekonomi , Demand Supply