95 Persen Industri Kosmetik Didominasi dari IKM

| Senin, 14/09/2020 14:36 WIB
95 Persen Industri Kosmetik Didominasi dari IKM Produk Kosmetik (Doc: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKMA) Kemenperin menyebut jika 95 persen dari total industri kosmetika nasional merupakan sektor Industri Kecil Menengah (IKM).

Menurutnya meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap produk kecantikan dan perawatan tubuh, telah menjadi pemicu utama pertumbuhan industri kosmetik di dalam negeri.

“Industri kosmetik tidak hanya menjadi kebutuhan primer kaum wanita, tetapi juga mulai berinovasi pada produk kosmetik untuk pria dan anak-anak,” ungkapnya, Senin 14 September 2020.

Ia lantas menjelaskan jika tren penggunaan kosmetik tersebut harus diiringi dengan peningkatan kualitas desain kemasan.

“Dengan meningkatnya penggunaan kosmetik dan produk herbal, memacu produsen untuk berkreasi merancang kemasan yang menarik sehingga fungsi utama dari kemasan tidak hanya untuk menjaga produk, namun juga kemasan dapat menjadi faktor yang cukup penting sebagai alat pemasaran,” tambahnya.

Di samping itu, terdapat pula tren masyarakat untuk menggunakan produk dari bahan alami (back to nature) sehingga membuka peluang munculnya produk kosmetik berbahan alami, seperti produk spa dan masker wajah.

“Tren memadukan jamu dengan produk kecantikan juga ikut menggerakkan pasar kosmetik dan personal care. Apalagi banyak produsen kosmetik dan produk herbal mulai memperhatikan masalah perlindungan lingkungan, dan juga mempertimbangkan perlindungan lingkungan saat memilih bahan kemasan kosmetik,” tandas Gati.

Tags : Kosmetik , IKM , Perawatan

Berita Terkait