Program Padat Karya Bedah Rumah Sudah Terealisasi 84,3 Persen

| Sabtu, 19/09/2020 22:01 WIB
Program Padat Karya Bedah Rumah Sudah Terealisasi 84,3 Persen Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR RI). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa penyerapan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal sebagai bedah rumah, realisasinya sudah mencapai 84,3 persen pada pertengahan September 2020. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan, program BSPS ini dilakukan dengan metode Padat Karya Tunai, dengan tujuan untuk mempertahankan daya beli masyarakat dan mengurangi angka pengangguran.

Berdasarkan data Kementerian PUPR BSPS memiliki alokasi anggaran Rp4,68 triliun. Tercatat hingga 18 September 2020, realisasi BSPS sudah 84,3 persen senilai Rp3,95 triliun dengan jumlah tenaga kerja yang terserap sebanyak 252.443 orang.

"Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah untuk menghuni rumah yang layak, sekaligus membuka lapangan pekerjaan sebagai tukang untuk rehabilitasi rumah," kata Basuki dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 19 September 2020.

Menteri PUPR mengutarakan harapannya agar program ini dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman.

Tags : Kementerian PUPR , BSPS , Bedah Rumah , Padat Karya

Berita Terkait