Sektor Tanaman Hias Makin Diminati Selama Pandemi

| Senin, 21/09/2020 11:49 WIB
Sektor Tanaman Hias Makin Diminati Selama Pandemi Tanaman Hias (Doc: Jp)

DEPOK, RADARBANGSA.COM - Dewasa ini, sektor tanaman hias semakin menjadi daya tarik masyarakat. Hal ini salah satunya karena sepanjang pandemi, masyarakat lebih banyak menghabiskan kegiatan di rumah. Akibatnya, sektor tanaman hiar semakin banyak diburu dan tak sedikit yang harganya menjadi melonjak naik.

Berdasarkan catatan dari Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto, dengan banyaknya orang berada di rumah semasa pandemi, terkuak bahwa bukan hanya kebutuhan bahan pangan untuk fisik yang diperlukan namun juga “asupan” jiwa.

“Banyaknya orang yang nyaman dengan menikmati keindahan tanaman di dalam rumahnya, semacam healing, merelaksasi jiwa. Ini menjadi peluang mendorong usaha tanaman florikultura. Usaha florikultura ini mulai menjadi alternatif bisnis, terlebih akibat pengurangan karyawan di beberapa perusahaan,” katanya, Senin 21 September 2020.

Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi Lukman lalu mengatakan jika peluang usaha tanaman hias daun sangat menjanjikan.

“Saat ini tanaman hias daun sudah banyak diekspor ke negara Eropa, Kanada dan Amerika. Luas panen tanaman hias daun tahun 2019 mencapai 1.873.200 pot per pohon, dengan produksi 27.472.913 pot per pohon. Ini sangat berpotensi devisa,” ujar Liferdi.

Salah satu eksportir florikultura, CV. Flora Berkah Abadi, Riska mengatakan bahwa untuk tanaman berdaun indah di ekspor sekitar 147 pohon per minggu dan sudah di ekspor ke Negara Eropa, Amerika, Kanada, Singapura, Hong Kong, Malaysia dan Thailand.

“Selama satu bulan, pengiriman ekspor dilakukan kurang lebih 10 kali. Harga setiap tanaman pun bervariasi dan yang paling mahal seharga US$200,” ujar Riska.

Beberapa pedagang tanaman hias di kawasan Depok, mengakui ada peningkatan jumlah pengunjung dalam beberapa bulan terakhir.

"Lumayanlah. Orang yang datang belakangan ini memang makin banyak,” kata Agus, salah satu pedagang tanaman hias.

Berkebun tanaman hias memang termasuk tren gaya hidup naik turun. Ada kalanya orang kota tiba-tiba banyak mencari tanaman hias dan ada kalanya hanya segelintir orang saja.

Beberapa tanaman hias yang saat ini sedang banyak diburu oleh para kolektor selama pandemi yaitu Monstera, Philodendron, Hoya, Begonia, Aglaonema dan Calathea Black Lipstick.

Tags : Tanaman hias , Penjualan , Pandemi

Berita Terkait