Estimasi Total Pengeluaran Muslim Dunia Capai USD 2,2 Triliun

| Selasa, 22/09/2020 12:55 WIB
Estimasi Total Pengeluaran Muslim Dunia Capai USD 2,2 Triliun Sektor Industri Fesyen Muslim (Doc: Malaysiakini)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) menyampaikan jika sektor Ekonomi Syariah harus terus dipacu. Pasalnya ia menilai jika gaya hidup umat muslim saat ini dapat mentrigger seluruh aspek ekonomi, mulai dari lifestyle higga sektor usaha itu sendiri.

Menkeu menyebut jika total pengeluaran muslim dunia saat diestimasikan di angka 2,2 triliun US dollar. Angka ini sangat fantastis untuk memacu perputaran roda ekonomi.

“Dengan total pengeluaran muslim dunia diestimasikan sebesar 2,2 triliun US dollar dan masuk ke seluruh bidang mulai dari makanan, obat-obatan, lifestyle dan dipengaruhi kebutuhan dan etika nilaig ajaran Islam,” kata Menkeu dalam webiner virtual, kemarin 21 September 2020.

Ia lalu mengemukakan jika Indonesia berpotensi menjadi pusat industri produk halal. Tentunya, pengembangan ini harus diakselerasi dengan penerapan teknologi melalui prinsip kehalalan yang akan memberikan jawaban bagi pembangunan industri produk halal Indonesia.

“Peraturan perundang-undangan dan mekanisme meningkatkan pengujian produk halal dibuat agar jaminan kehalalan tidak memberatkan daya saing industri sehingga Indonesia mampu menjadi pusat industri halal yang memiliki daya kompetisi,” ungkapnya.

Pemerintah, lanjutnya akan terus meningkatkan dan mendukung teknologi termasuk di sektor industri halal yang terdapat di semua lini.

Tags : Ekonomi Syariah , Industri Muslim , Industri Halal

Berita Terkait