Mendag Tegaskan Komitmen Jaga Sektor Perdagangan di Pertemuan G20

| Rabu, 23/09/2020 17:26 WIB
Mendag Tegaskan Komitmen Jaga Sektor Perdagangan di Pertemuan G20 Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (foto: Humas Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Dalam Pertemuan Tingkat Menteri Perdagangan Negara G20, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan akan mejaga sektor perdagangan dan investasi internasional meski diterjang badai pandemi.

“Indonesia telah menempuh kebijakan yang sejalan dengan G20 Actions in Response to Covid-19, misalnya dengan menghapus beberapa ketentuan ekspor-impor yang menghambat kelancaran arus barang,” ungkap Mendag dalam keterangan resminya, Rabu 23 September 2020.

Ia menjelaskan tindakan lain yang telah dilakukan adalah pembatasan ekspor masker dan alat pelindung diri sebagaimana yang berpegang pada batasan yang telah disepakati bersama, yakni transparan, tepat sasaran, bersifat sementara, dan konsisten dengan aturan WTO.

Dalam pertemuan tersebut, Negara G20 juga menyepakati untuk meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) baik di masa pandemi maupun pascapandemi untuk meningkatkan diversifikasi ekonomi dan investasi.

“Meskipun terdapat perbedaan pandangan yang didasari polarisasi kepentingan negara maju dan negara berkembang, Menteri Perdagangan G20 dapat menyepakati secara konsensus dokumen G20 Trade and Investment Ministerial Communiqué sebagai bukti adanya komitmen bersama untuk memulihkan ekonomi global yang terdampak oleh pandemi Covid-19,” tutup Mendag Agus.

Tags : Mendag , G20 , Perdagangan dan Investasi