Menristek: Pandemi Ubah Pola Bisnis dan Konsumen

| Kamis, 24/09/2020 07:04 WIB
Menristek: Pandemi Ubah Pola Bisnis dan Konsumen Bambang Brodjonegoro (Menristek). (Foto: jawapos)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro menyebut jika pandemi telah menggeser pola bisnis dan konsumen dari offline to online. Ia menilai jika Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Penerapan protokol kesehatan  menjadi faktor penting dalam menggeser pola konsumsi menjadi online.

“Mau tidak mau selama masa adaptasi kebiasaan baru ini ada pergeseran pola bisnis, dari offline jadi online,” ungkap Menristek dalam webiner kemarin, Rabu 23 September 2020.

“Jadi otomatis nanti ada pergeseran struktur industri, kemudian digital yang kemudian menjadi bagian dari kebiasaan kita sehari – hari,” jelasnya.

Ia menilai bagi dunia usaha, pandemi ini menjadi momentum untuk beradaptasi dengan teknologi, khususnya bagi sektor UMKM yang merupakan penopang ekonomi negara di masa-masa sulit.

“Intinya UMKM memang harus terekspos dengan teknologi digital,”

“UMKM adalah salah satu aktor yang harus segera melakukan adaptasi dan perubahan yang sifatnya mendasar,”

Ia berharap dengan adanya less Contact Economy, kegiatan perekonomian dapat naik ke level yang cukup aktif tanpa harus melalui tatap muka atau interaksi langsung dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

 

Tags : pola konsumen , bisnis , menristek

Berita Terkait