Pemerintah Dorong Konsumsi Karet Alam Domestik

| Jum'at, 25/09/2020 13:49 WIB
Pemerintah Dorong Konsumsi Karet Alam Domestik Karet Alam (Doc: Gadabinausaha)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah tengah mendorong peningkatan konsumsi karet alam di dalam negeri sebagai salah satu upaya untuk memastikan kesejahteraan petani karet.

Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional Kementerian Perdagangan, Antonius Yudi Triantor mengatakan di situasi pandemi ini pemanfaat karet alam dalam negeri ini juga perlu didorong untuk menjaga kestabilan pasar karet alam di tingkat global.

“Untuk itu, Indonesia bersama dua negara produsen karet alam lainnya berkolaborasi merumuskan upaya konkret guna memastikan petani karet tetap mendapatkan harga yang remuneratif di tengah situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini,” ungkap Yudi dalam keterangannya, Jumat 25 September 2020.

Yudi memaparkan di dalam negeri, situasi pasar dunia yang kurang menguntungkan dengan adanya pandemi perlu disikapi lebih baik. Walaupun  terjadi penurunan produksi akibat pandemi, konsumsi dunia juga ikut menurun sehingga menyebabkan harga masih terus tertekan. 

“Kami akan terus berupaya memperjuangkan sektor karet alam demi jutaan petani yang menggantungkan hidupnya pada komoditas ini.  Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan konsumsi karet alam seperti penggunaan karet sebagai campuran aspal maupun produk barang jadi karet,” tukasnya.

 

Tags : Karet Alam , Konsumsi Komoditas Domestik

Berita Terkait