India Jadi Negara Penyerap Cengkeh RI Terbesar

| Jum'at, 25/09/2020 16:39 WIB
India Jadi Negara Penyerap Cengkeh RI Terbesar Komoditas Cengkeh (Doc: Kementan)

CILACAP, RADARBANGSA.COM – Sistem perkarantinaan, IQFAST Badan Karantina Pertanian (Barantan) mencatat jika selama tiga tahun terakhir India merupakan negara terbesar yang menyerap cengkeh tanah air. Disusul oleh negara Vietnam, Pakistan dan Singapura diposisi selanjutnya.

“Tahun ini sebanyak 7.863 ton atau 27,2% ekspor cengkeh Indonesia masuk ke India. 12,5% lagi masuk ke pasar Vietnam dan 6,3% diekspor ke Pakistan,” ujar Kepala Barantan, Ali Jamil melalui keterangan tertulisnya, Jumat 25 September Jakarta.

Sementara ditahun 2019, Jamil menambahkan bahwa ekspor cengkeh ke negara India mencapai 66,9% atau sebanyak 555.877 ton. Vietnam menyerap 6,1% dan Singapura menyerap 4%.

Tanaman tropis ini tumbuh subur di negara Indonesia dengan khasiat kesehatan yang banyak dipercaya oleh masyarakat. Cengkeh ini menjadi sangat diburu dan telah menjadi rebutan sejak masa penjajahan dulu. Bahkan hingga saat ini harga cengkeh cukup tinggi dan masih diminati banyak negara.

Ali mengatakan pihaknya akan terus mendampingi para petani cengkeh yang potensial untuk menjadi eksportir baru.

“Semakin banyak petani yang dapat menembus pasar ekspor, tentu akan semakin membuka peluang peningkatan kesejahteraan para petani Indonesia,” tukasnya.

Tags : India , Cengkeh , Ekspor

Berita Terkait