Tinggalkan Dolar, RI dan China Gunakan Rupiah dan Yuan di Perdagangan Bilateral

| Rabu, 30/09/2020 15:25 WIB
Tinggalkan Dolar, RI dan China Gunakan Rupiah dan Yuan di Perdagangan Bilateral Mata Uang Yuan dan Rupiah (Doc: CeknRicek)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah China mulai menyepakati penggunaan mata uang lokal di transaksi perdangan bilateral.

Gubernur People’s Bank of China (PBC), Yi Gang dan Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyapakati hal tersebut melalui penandatangan Nota Kesepahaman pada Hari Ini, Rabu 30 September 2020.

“Kolaborasi antara People’s Bank of China dan Bank Indonesia ini penting dalam memperkuat kerja sama keuangan bilateral antara Tiongkok dan Indonesia. Otoritas kedua negara memandang hal tersebut akan berkontribusi positif dalam mendorong penggunaan mata uang lokal untuk penyelesaian perdagangan dan investasi langsung antara kedua negara,” unkap Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam keterangannya hari ini. 

Perry mengatakan kerjasama ini akan meliputi penggunaan kuotasi nilai tukar secara langsung dan perdagangan antarbank untuk mata uang Yuan dan Rupiah. Kerja sama ini juga akan diperkuat melalui sharing informasi dan diskusi secara berkala antara otoritas Tiongkok dan Indonesia.

 

Tags : Yuan , Rupiah , BI , PBC , China , Indonesia

Berita Terkait