Mendag Ungkap Strategi Dorong Ekspor Non Migas

| Selasa, 06/10/2020 21:41 WIB
Mendag Ungkap Strategi Dorong Ekspor Non Migas Lalu lintas ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok (Doc: Kemenperin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan jika pihaknya telah merumuskan strategi dalam mendorong ekspor non migas. Ia melanjutkan jika pihaknya akan terus mendorong ekspor khususnya di sektor non migas meski badai pandemi masih terjadi.

“Sejalan dengan arahan presiden, kita akan terus berupaya melakukan terobosan tidak biasa dan inovatif dalam meningkatkan perdagangan walau di masa sulit,” ungkap Mendag dalam webiner daring, Selasa 6 September 2020.

Ia lantas menjelaskan terdapat delapan strategi yang telah diakomodir. Pertama, fokus pada produk eskpor negara yang akan dituju. Dua , relaksasi kebijakan ekspor dan impor yang berorientasi ekspor.

Ketiga, mempercepat dan mempermudah pelayanan SKA barang ekspor termasuk penigkatan memfasilitasi perdagangan dalam memproses perizinan ekspor impor.

Keempat, pelatihan bagi calon eksportir baru khususnya bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Kelima, optimalisasi regulasi dan implementasi e-commerce.

Keenam, meningkatkan penyediaan trait financing melalui program nasional interest account. Ketujuh, peningkatan akses pasar melalui penguatan fasilitasi dan informasi ekspor, promosi ekspor , business matching dan pameran dagang internasional serta  penguatan perwakilan perdagangan di luar negeri.

Serta, kedelapan, peningkatan daya saing dan pengembangan produk ekspor melalui penguatan dan optimalisasi serta implementasi program – program unggulan.

“Kedepan, kemendag akan terus berkomiten untuk terus mendorong pelaku bisnis untuk mengembangkan produknya ke mancanegara,” tukas mendag.

Tags : kemendag , ekspor non migas

Berita Terkait