Bantuan Konversi BBM ke BBG Akan Diriingi Dengan Layanan Purna Jual

| Selasa, 13/10/2020 12:03 WIB
Bantuan Konversi BBM ke BBG Akan Diriingi Dengan Layanan Purna Jual Bantuan Paket Program Konversi BBM ke BBG (Doc: ESDM)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah menyampaikan jika program pendistribusian paket perdana Program Konversi BBM ke BBG untuk Petani Sasaran Tahun 2020 akan dilaksanakan pada pertengahan Oktober ini.

Pendistribusian ini juga akan diiringi dengan ketersediaan layanan purna jual sebagai jaminan mutu produk.

Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Pengadaan Pembangunan Infrastruktur Migas, Wahyudi Akbari mengatakan, layanan purna jual ini sangat penting bagi petani agar tidak kebingungan ketika harus mengganti spare part mesin yang aus.

"Informasi atau penunjukan toko yang menjadi layanan purna jual ini penting supaya petani tahu di mana tempat servis dan membeli spare part sehingga program ini berkelanjutan dan bantuan tetap digunakan oleh petani sasaran dengan baik. Selain itu, apabila ada evaluasi dari berbagai pihak mereka program ini, kita bisa pertanggung pertanggungjawabkan dengan baik," paparnya, Selasa 13 Oktober 2020.

Wahyudi lantas mengingatkan agar Pemda dan badan usaha yang mendistribusikan paket perdana untuk melengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan.

“Program ini menggunakan dana APBN. Oleh karena itu, segala dokumen dan dokumentasi dibuat selengkap mungkin. Selain membagikan tepat sasaran, juga harus tepat auditnya. Kami harapkan dukungan dari semua pihak. Sehingga ketika diperiksa BPK, semua dokumen sudah lengkap," tambahnya.

Khusus untuk petani selaku penerima paket perdana, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria ini diantaranya adalah:

  1. Petani memiliki lahan dengan luas lahan maksimal 0,5 hektar, untuk transmigrasi maksimal 2 hektar dengan menunjukan dokumen kepemilikan lahan,
  2. Memiliki identitas petani yang direkomendasikan oleh kepala desa/camat, dan disahkan oleh kepala daerah dan atau kepala dinas pertanian setempat.
  3. Memiliki identitas KTP, KK dan Kartu Tani, memiliki pompa air dengan mesin pengerak lebih kecil 6,5 HP, belum pernah menerima bantuan yang sejenis (mesin pompa air) dan mesin pompa air yang dimiliki berbahan bakar bensin.
Tags : Konversi BBM ke BBG , Petani , Purna Jual

Berita Terkait