Indonesia Cukup Potensial Pimpin Industri Halal Dunia

| Senin, 26/10/2020 06:01 WIB
Indonesia Cukup Potensial Pimpin Industri Halal Dunia Halal Food (Doc: BatamNews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Indonesia dinilai sebagai salah satu negara yang cukup potensial untuk memimpin industri halal di dunia. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak.

“Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, yakni mencapai 222 jiwa, tentunya merupakan potensi bagi negara kita untuk menjadi pemain besar dalam ekonomi dan keuangan syariah di dunia,” ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Minggu 25 Oktober 2020.

Menperin memprediksi dalam beberapa tahun ke depan, pasar industri halal dunia akan terus berkembang. Oleh karena itu Indonesia sebagai salah satu produsen industri halal diharapkan mampu bersaing hingga skala global.

“Berdasarkan data dari The State of The Global Islamic Economy (GIE) pada 2019/2020 besaran pengeluaran makanan dan gaya hidup halal umat Islam di dunia mencapai 2,2 triliun dolar AS pada tahun 2018 dan diperkirakan akan terus tumbuh mencapai 3,2 triliun dolar AS di tahun 2024,” imbuhnya.

Ia mencatat hingga kini jumlah penduduk muslim di dunia telah mencapai 1,84 miliar orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan mencapai 27,5 persen dari total populasi dunia pada 2030.

“Tentunya peningkatan populasi ini juga akan meningkatkan permintaan terhadap produk dan jasa halal secara signifikan,” katanya.

Menperin menyampaikan jika saat ini Indonesia memang telah banyak menghasilkan produk industri halal, namun ketersediaan produk halal ini masih belum mencukupi kebutuhan pasar dunia.

Pihaknya lantas mengatakan akan memacu pengembangan industri halal salah satunya dengan pembangunan Kawasan Industri Halal (KIH). Ia optimis jika pembangunan ini akan memberikan kemudahan dalam menjalankan industri halal, mulai dari penyediaan bahan baku hingga distribusi.

“Selain itu, memberikan jaminan pengawasan yang memenuhi persyaratan halal, sehingga diharapkan sekaligus menjadi daya tarik investasi,” tukasnya.

 

 

 

 

 

 

Tags : industri halal , pasar industri halal

Berita Terkait