Bintan Perluas Ekspor Karet ke Perancis dan Belanda

| Senin, 26/10/2020 08:06 WIB
Bintan Perluas Ekspor Karet ke Perancis dan Belanda Petugas Fasilitasi Ekspor Karet ke pasar global (Doc: Barantan)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Badan Karantina Pertanian Tanjungpinang mencatat jika produk karet lempengan asal bintan mulai memperluas pangsa pasar ke dua negara baru di Eropa. Dua negara yang berhasil ditembus ini tak lain adalah Belanda dan Perancis.

Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang, Raden Nurcahyo Nugroho mengatakan jika perluasan pasar ekspor ini menandakan adanya peningkatan kinerja yang signifikan. Sebelumnya, di tahun 2019 ekspor karet lempengan bintan hanya dikirim ke tujuh negara saja.

"Ini menggenapkan jumlah tujuan negara ekspor untuk komoditas unggulan ekspor asal Bintan, karet lempengan menjadi 15 negara," kata Raden dalam keterangan tertulisnya, Minggu 25 Oktober 2020.

Selain itu, pihaknya juga mencatat peningkatan nilai ekspor karet di tahun 2020 dari tahun 2019.

Raden memaparkan dari Januari hingga Oktober 2020, ekspor karet lempengan berlangsung sebanyak 115 kali dengan volume 18,5 ribu ton dan setara Rp 348,6 miliar.  Sedangkan ditahun 2019 pada periode yang sama ekspor hanya terjadi 74 kali dengan volume 11 ribu ton dan setara nilai Rp 188,9 miliar.

Sebagai informasi, ekspor karet lempengan biasanya banyak digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis industri, salah satunya seperti pembuatan ban `Michelin` di negara tujuan ekspor Belanda dan Perancis.

 

 

Tags : karet asal bintan , eskpor karet , pasar eropa

Berita Terkait