Mendag Lepas 40 Kontainer Ekspor UKM Furniture

| Jum'at, 06/11/2020 16:03 WIB
Mendag Lepas 40 Kontainer Ekspor UKM Furniture Aktivitas ekspor impor di terminal tanjung priuk (Doc: Kemenperin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melepas 5 kontainer ekspor dari 40 kontainer ekspor UKM sektor furniture.

Beberapa UKM yang tergabung dalam eskpor ini adalah CV. Nagam Rattan, CV. Cipta Abadi, dan CV. Hanif Rattan.

“Saya menyambut gembira keberhasilan para pelaku usaha rotan mendapatkan tempat di pasar global. Kami berharap, tekad dan perjuangan para pelaku UKM eksportir dari Cirebon ini mampu memotivasi para eksportir, khususnya pelaku UKM di seluruh Indonesia sehingga mampu mendorong kinerja ekspor nonmigas Indonesia,” ujar Mendag Agus, Jumat 6 November 2020.

Untuk tujuan negara pengekspor, 40 kontainer ini akan dikirim ke Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, Korea Selatan, Australia, serta negaranegara Uni Eropa seperti Jerman, Prancis, Italia, dan Denmark.

 “Keberhasilan ekspor ini sekaligus menunjukkan bahwa produk ekspor furnitur rotan Indonesia tidak hanya mampu menjaga kualitas, tetapi juga telah sesuai dengan permintaan dan tren pasar dunia saat ini yang cenderung menggunakan bahan alami, ramah lingkungan, dan mengantongi sertifikat legalitas kayu (V-Legal),” kata Mendag Agus.

Untuk diketahui, Indonesia merupakan negara produsen rotan terbesar dunia. Pada 2019, Indonesia berada di peringkat ke-3 negara eksportir produk rotan terbesar dunia dengan pangsa ekspor 6,11 persen, di bawah Republik Rakyat Tiongkok (45,15 persen) dan Vietnam (12,49 persen)

Tags : UKM , Furnitur , Kontainer , Ekspor