Pelabuhan Patimban Disiapkan Jadi Hub Ekspor Industri Otomotif

| Sabtu, 21/11/2020 14:22 WIB
Pelabuhan Patimban Disiapkan Jadi Hub Ekspor Industri Otomotif Pelabuhan Patimban (Doc: Detik)

RADARBANGSA.COMPemerintah menilai pelabuhan Patimban akan mendongkrak aktivitas ekspor impor sektor industri otomotif di perdagangan internasional.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan Pelabuhan Penting dedikasikan oleh pemerintah untuk menjadi hub besar dalam produksi kendaraan bermotor di Indonesia maupun ekspor produk otomotif ke pasar global.

”Kami berpendapat, Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat yang akan diluncurkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat, tentunya memiliki nilai yang sangat penting bagi pengembangan industri otomotif nasional,” kata Sigit, Jumat 20 November 2020.

Sigit menghimbau kepada pelaku industri otomotif baik pabrikan kendaraan bermotor, produsen komponen dan sparepart, sampai ke industri bahan baku untuk dapat menjadikan Pelabuhan Patimban sebagai mitra strategis dalam aktifitas bongkar muat barang sehingga pelabuhan ini dapat menjadi pusat perdagangan internasional.

Sementara itu Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier menyebut jika Pelabuhan Patimban dapat meningkatkan produktivitas industri otomotif nasional. 

Demand di sektor otomotif berkaitan dengan kelancaran, kecepatan, hingga keamanan dari barang yang akan diekspor dan impor bahan baku. Sehingga, pengelolaan pelabuhan jadi nilai utama penunjang produktivitas,” kata  Taufiek.

Taufiek berharap penguatan kegiatan Pelabuhan Patimban dapat dilakukan melalui aplikasi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) pada setiap tahap aktivitas, mulai dari pengangkutan produk, pengiriman, custom clearance, hingga pre-inspection bisa terekam dengan teknologi canggih. 

Hal ini akan menekan waktu tunda atau delay yang tidak perlu di wilayah pelabuhan.

“Ini akan selaras dan memaksimalkan fungsi ekonomi yang ada. Sekali lagi, pengelola pelabuhan perlu betul-betul mengerti permintaan di sektor industri secara garis besar,” tukasnya.

Tags : Pelabuhan Patimban , Hub Ekspor , Otomootif

Berita Terkait