Kementan Dorong Swasembada Protein Hewani Melalui Bank Pakan

| Jum'at, 27/11/2020 12:58 WIB
Kementan Dorong Swasembada Protein Hewani Melalui Bank Pakan Peluncuran Bank Pakan (Doc: Kementan)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan Bank Pakan sebagai salah satu usaha mendukung swasembada protein hewani.

Direktur Jenderal (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Nasrullah menyampaikan jika  Bank Pakan bisa meniadi salah satu solusi untuk tetap mendukung swasembada protein hewani.

"Hampir 70 persen kesukseskan program peternakan tergantung kesiapan atau ketersediaan pakannya. Oleh karena itu  inovasi Bank Pakan dibangun untuk menjamin ketersediaan pakan ternak sepanjang tahun," ujar Nasrullah, Jumat 27 November 2020.

Bank Pakan ini nantinya berperan dalam mengelola pakan dari bahan pakan segar menjadi pakan olahan yang salah satunya adalah pakan fermentasi atau pakan awetan seperti silase untuk ternak ruminansia yang dapat tahan selama 1 sampai 2 tahunz

Ia menambahkan jika Bank Pakan juga diarahkan menjadi pusat pengolahan pakan. Harapannya, ke depan dapat membuat green concentrate yang bahan bakunya berasal dari tanaman hijauan pakan antara lain Indigofera dan Lamtoro Taramba yang dapat ditanam sendiri oleh peternak.

Terkait manajemen usaha Bank Pakan, Nasrullah menyebut pihaknya juga sudah membangun sistem aplikasi Bank Pakan Online. Hal ini untuk memudahkan Bank Pakan melakukan pelaporan produksi, distribusi dan harga pakan secara online serta menjadikannya sebagai database online.  Jakarta.

"Dengan adanya database online Bank Pakan, diharapkan kinerja Bank Pakan dapat dimonitor secara realtime dan dievaluasi baik oleh Bank Pakan itu sendiri maupun Dinas Kabupaten, Kota, Provinsi dan Pusat," tandas Nasrullah.

 

 

 

 

 

Tags : Bank Pakan , Swasembada Protein Hewani

Berita Terkait