Teken Kontrak Kerjasama, KAI Bakal Bangun Stasiun KRL di Tangerang

| Minggu, 29/11/2020 15:08 WIB
Teken Kontrak Kerjasama, KAI Bakal Bangun Stasiun KRL di Tangerang Stasiun KRL (Doc: Tren Asia)

RADARBANGSA.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Bumi Serpong Damai, Tbk meneken kontrak kerjasama untuk membangun stasiun baru di Kabupaten Tangerang.

Kesepakatan ini tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pembangunan, Penyerahan, Pengoperasian, Perawatan dan Pengusahaan Stasiun Baru di KM 36+700 s.d KM 37+200 antara Cicayur-Parung Panjang Lintas Tanah Abang-Merak Desa Jatake Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang.

Adapun pembangunan stasiun baru ini direncanakan dimulai pada Maret 2021 dengan target penyelesaian selama 1,5 tahun.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Danto Restyawan mengatakan mobilitas masyarakat perlu diimbangi oleh prasarana dan sarana yang memadai. Oleh karena itu pihaknya menyambut baik kesepakatan ini dimana akan dibangun stasiun baru.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BSD dan KAI yang menginisiasi rencana pembangunan stasiun baru ini. Hal ini dapat menjadi role model kontribusi investasi badan perusahaan dan kerja sama seluruh stakeholder dalam rangka mewujudkan pembangunan bersama perkeretaapian,” ujar Danto belum lama ini.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) KAI Didiek Hartantyo mengatakan kolaborasi BUMN dan swasta ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat di wilayah Kab. Tangerang yang hendak beraktivitas ke DKI Jakarta menggunakan transportasi KRL yang dikenal murah, cepat, aman, dan nyaman.

“Kerja sama ini merupakan wujud keterlibatan aktif sektor swasta dan BUMN dalam pembangunan infrastruktur untuk melayani masyarakat tanpa membebani APBN. Semoga kerja sama ini bisa menjadi pilot project Swasta dan BUMN dalam membangun perekonomian nasional,” ujar Didiek.

Sesuai dalam perjanjiannya, stasiun ini rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 2.806 m2 dan memiliki 3 bangunan lantai.

Stasiun juga akan dilengkapi fasilitas pendukung kenyamanan pelayanan sesuai standar pelayanan, dilengkapi dengan eskalator, lift, area komersial, perparkiran sepeda, motor, dan mobil serta fasilitas integrasi moda lanjutan.

Tags : KRL , KAI , Stasiun Tangerang

Berita Terkait