Co-firing PLTU Ketapang Resmi Beroperasi Secara Komersil

| Kamis, 31/12/2020 15:34 WIB
Co-firing PLTU Ketapang Resmi Beroperasi Secara Komersil Pembangkit Listrik Tenaga Uap (Doc: GP)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah meresmikan secara komersil operasional Co-firing biomassa berbasis cangkang sawit pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ketapang.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana mengatakan peresmian komersil ini merupakan upaya pemerintah untuk mendukung target energi bersih.

"Ini sesuatu yang sangat smart dari sisi bagaimana kita secara pas memahami kondisi PLN dari sisi supply dan demand dan bagaimana Pemerintah dan PLN sedang berjuang untuk meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan secara masif. Substitusi yang kita lihat sekarang tidak perlu mengganti teknologi dan PLTU. Cofiring bisa menjadi salah satu terobosan," ungkap Dadan dalam rilisnya, Rabu 30 Desember 2020.

Dadan lantas mengapresiasi upaya PLN dalam Golive Komersial Cofiring PLTU Ketapang dan PLTU Sanggau sekaligus karena telah mendukung bauran Energi Baru Terbarukan (EBT).

Ia juga meyakini implementasi program cofiring biomassa khususnya yang berbasis sampah dan limbah memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan ekonomi kerakyatan yang produktif (circullar economy).

"Menurut saya ini sesuatu yang paling pas disaat PLN over supply dari sisi listrik, di saat kita memerlukan upaya lapangan kerja, di saat aspek lingkungan menjadi sangat kuat terkait dengan penurunan emisi GRK, dan ini salah satu jawabannya, ya cofiring. Semuanya bisa berkontribusi dan berjalan," jelasnya.

 

 

Tags : Cofiring PLTU , PLTU Biomassa

Berita Terkait