Kadin Usul Dana PEN Dialokasikan untuk UMKM

| Selasa, 05/01/2021 10:13 WIB
Kadin Usul Dana PEN Dialokasikan untuk UMKM Pengusaha UMKM. (Foto: intitradacom)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengusulkan agar dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dialokasikan untuk fasilitas kredit murah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf).

Ia menilai pelaku usaha bisa mendapat modal kerja antara Rp 10-75 miliar dengan jangka waktu antara 3-5 tahun.

“Jadi kalau bunga bank itu 10 persen, kita usul dikurang 6 persen. Bunganya hanya sekitar 4 persen saja,” tutur Rosan dalam laman resmi Kadin, Senin 4 Januari 2021.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik usulan kadin mengenai UMKM Sektor Parekraf. Ia mengatakan akan menambah anggaran dana hibah dan memperluas sektor penerima hibah pada tahun 2021 ini.

"Dana hibah ini sangat membantu walaupun yang tahun lalu (2020-red) hanya untuk pelaku usaha hotel dan restoran," ucap Sandi saat bertemu para pelaku usaha di Kantor Kadin Indonesia beberapa waktu lalu.

Kendati begitu, Sandi mengakui pihaknya akan masih tetap fokus pada aspek kesehatan Pasalnya, aspek kesehatan masih jadi prioritas dalam pemulihan ekonomi nasional.

"Pemerintah tetap akan mendahulukan aspek kesehatan. Vaksinasi COVID-19 pun baru akan dijalankan pada 2021. Jadi kita harus realistis lah untuk mendahulukan aspek kesehatan dan keselamatan itu," tandas Sandi.

Tags : Dana PEN , UMKM , Kadin

Berita Terkait