Sandiaga Optimistis 2021 Jadi Tahun Pemulihan Ekonomi Kreatif

| Rabu, 27/01/2021 13:07 WIB
Sandiaga Optimistis 2021 Jadi Tahun Pemulihan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (foto: silaturahimdotcom)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno optimistis jika 2021 akan menjadi tahun dalam pemulihan sektor ekonomi kreatif.

“Tahun internasional ekonomi kreatif untuk pembangunan berkelanjutan 2021 adalah momentum yang tepat untuk melaksanakan pemulihan global. Ini merupakan salah satu upaya untuk memusatkan kembali sektor ekonomi kreatif sebagai kontributor penting bagi ekonomi global,” ujar Sandiaga dikutip lewat keterangannya, Rabu 28 Januari 2021.

Berdasarkan data yang dihimpun dalam Opus Creative Economy Outlook tahun 2019, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar Rp 1.105 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Hal ini menjadikan Indonesia berada di urutan ketiga setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan, dalam jumlah kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap PDB negara.

Dari 17 subsektor ekonomi kreatif, tiga di antaranya menjadi penyumbang terbesar PDB dan ekspor. Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi masing-masing subsektor itu adalah 41 persen untuk kuliner, fesyen sebesar 17 persen dan kriya sebesar 14,9 persen.

Selain itu, di tahun 2019 sektor ekonomi kreatif juga menyerap sekitar 17 juta tenaga kerja.

“Untuk itu, tahun 2021 memungkinkan kita merumuskan kebijakan yang lebih baik daripada sebelumnya, program insentif yang lebih baik, sehingga dapat membuka kembali lapangan kerja. Mengingat sektor ini memiliki potensi untuk menyerap banyak tenaga kerja,” tutup Sandiaga.

Tags : Sandiaga , Pemulihan Ekonomi Kreatif ,

Berita Terkait