Sri Mulyani: UMKM Harus Bangkit Lebih Kuat Selepas Pandemi

| Senin, 22/02/2021 10:32 WIB
Sri Mulyani: UMKM Harus Bangkit Lebih Kuat Selepas Pandemi Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: beritasatucom)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah menaruh perhatian penuh pada keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa dukungan Pemerintah untuk UMKM itu tidak hanya bertujuan supaya UMKM bisa bertahan ditengah pandemi, namun juga bangkit dan bisa lebih kuat lagi selepas pandemi ini berakhir.

“Seperti kita ketahui bahwa perekonomian kita dalam situasi pandemi ini banyak sekali yang harus ikut berkontribusi, bergotong-royong untuk memulihkan kembali, dan salah satunya yang paling penting adalah bagaimana mendukung usaha kecil menengah agar mereka tidak saja bisa bertahan namun juga bisa bangkit kembali dan bangkit dengan lebih kuat,” jelas Menkeu saat menghadiri peluncuran program “Beli Kreatif Danau Toba” secara vitual, Sabtu 20 Februari 2021.

APBN melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), telah menyalurkan anggaran sebesar Rp173,17 triliun untuk mendukung UMKM dan korporasi.

Anggaran itu disalurkan melalui berbagai macam sarana seperti bantuan dalam bentuk subsidi bunga kredit bagi pelaku UMKM maupun melalui bantuan langsung tunai dari Presiden yang bisa digunakan sebagai tambahan modal usaha.

Pemerintah, juga banyak memberikan perlindungan dan bimbingan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya adalah melakukan mitigasi terhadap aktivitas perdagangan crossborder yang menjadi ancaman bagi UMKM dan produk lokal dan memperkuat daya saing UMKM melalui program inkubasi, pelatihan, dan pendampingan.

Tags : Umkm , Sri Mulyani