Presiden Jokowi Minta Kemendag Kembangkan Pasar Produk Nasional Lewat Gernas BBI

| Kamis, 04/03/2021 18:20 WIB
Presiden Jokowi Minta Kemendag Kembangkan Pasar Produk Nasional Lewat Gernas BBI Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @KemensetnegRI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar berbagai pihak khususnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) memiliki kebijakan dan strategi yang tepat untuk mengembangkan pasar produk nasional Indonesia. Kebijakan tersebut misalnya melalui Program Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Misalnya, dengan mendukung Program Bangga Buatan Indonesia. Pusat perbelanjaan, mal di Jakarta sampai ke daerah, harus didorong untuk memberikan ruang bagi produk-produk Indonesia, khususnya UMKM," kata Jokowi seperti dilansir dari antaranews.com, Kamis, 4 Maret 2021.

Kepala Negara meminta agar jangan sampai ruang depan, lokasi-lokasi strategis justru diisi oleh merek dari luar negeri. Menurutnya, hal ini harus mulai digeser dimana UMKM digeser ke tempat yang lebih strategis.

“Lokasi yang baik berikan ruang untuk brand lokal,” tuturnya.

Jokowi mengungkapkan, penjenamaan (branding) harus melekat agar masyarakat lebih mencintai produk Indonesia dibandingkan produk luar negeri. Penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 270 juta jiwa sudah seharusnya menjadi konsumen paling loyal untuk produk-produk dalam negeri.

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan," tandasnya.

Tags : Jokowi , Produk Nasional , BBI , Indonesia