Barata Indonesia Kembangkan Teknologi Kincir Air Hemat Energi

| Senin, 08/03/2021 09:54 WIB
Barata Indonesia Kembangkan Teknologi Kincir Air Hemat Energi Penandatangan lintas kementerian untuk proyek kincir angin (Doc: BUMN)

RADARBANGSA.COM - PT Barata Indonesia (Persero) tengah mengembangkan Teknologi Kincir Air Hemat Energi dari bahan produksi lokal. Rencananya Kincir Air tersebut akan digunakan untuk mendukung program Budidaya Perikanan Nasional, terutama Budidaya Udang.

Inovasi tersebut juga menandai kerjasama dengan Kemenko Marves, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) , Poltek KP Sidoarjo juga tim Barata Indonesia.

"Kincir air yang ada dipasaran harganya relatif mahal dan biaya operasional dan perawatannya pun besar. Merespon hal ini Barata sebagai BUMN Manufaktur berkolaborasi membuat inovasi teknologi kincir air hemat energi dari 100% bahan lokal," ujar Direkur Keuangan Dan SDM , Rahman Sadikin dalam rilisnya, Minggu 7 Maret 2021.

Kincir air menjadi salah satu sarana budidaya perikanan yang memiliki peran sangat penting dalam menciptakan kondisi agar terjadi keseimbangan ekosistem perairan tambak.

Kincir air memiliki fungsi sebagai penyuplai oksigen perairan tambak dan membantu dalam proses pemupukan dan pencampuran karakteristik air tambak lapisan atas dan bawah. Pengoperasian kincir air juga membantu dalam membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dasar tambak sehingga menstabilkan kualitas air.

“Inovasi Teknologi Kincir Air ini merupakan kontribusi nyata Barata dalam peningkatan ekspor udang yang kualitasnya tidak kalah dari impor,” tutup Sadikin.

Tags : Barata Indonesia , Kincir Angin

Berita Terkait