Curah Hujan Tinggi, Produksi Cabai Turun 15 Persen

| Senin, 08/03/2021 10:11 WIB
Curah Hujan Tinggi, Produksi Cabai Turun 15 Persen Cabai (Foto: Halloriau)

RADARBANGSA.COM - Musim penghujan memiliki dampak buruk kepada panen cabai di Kediri, salah satunya menurunkan produksi cabai dari target yang telah ditetapkan.

Ketua Paguyuban Petani Cabai Indonesia Jawa Timur, Suyono mengatakan banyak lahan tanam didataran rendah tergenang air dan berakibat pada kerusakan cabai. Hal ini menyebabkan produksi panen cabai turun hingga 10-15 persen.

“Kondisi tersebut mengakibatkan produksi cabai rawit di sentra produksi di Kabupaten Kediri berdasarkan luas tanam mengalami penurunan sekitar 10 persen sampai dengan 15 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya,” ungkap Suyono dikutip melalui laman Kominfo Jatim, Jumat 6 Maret 2021.

Selain itu faktor seperti penyakit seperti daun keriting, buah rontok, serangan lalat buah dan penyakit lainnya juga turut menyebabkan produksi panen cabai.

Suyono memperkirakan bahwa pada pertengahan Maret sampai dengan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 2021, harga cabai rawit mampu berangsur normal Kembali dan stabil.

Asumsi tersebut berdasarkan panen yang diperkirakan dilakukan pada bulan Maret hingga akhir Mei pada of sentral produksi cabai di wilayah Kediri dan Mojokerto. Kemudian juga beberapa kabupaten lain seperti Blitar, Tuban, Malang, dan Probolinggo.

Menurut data dari Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (siskaperbapo) Disperindag Jawa Timur, saat ini harga cabe rata-rata untuk cabe rawit Rp 110.000/kg naik dibandingkan pada minggu terakhir Februari 2021 sebesar Rp 87..000/kg.. Sementara  harga cabe merah besar keriting rata-rata tetap Rp 46.000/kg  dan cabe merah besar biasa Rp 40.000/kg.

Sementara menurut data harga cabe ditingkat distributor di sentra cabe Kepung Pare dan Plosoklaten Kediri fluktuatif naik dengan harga  berpariatif, Untuk harga cabe rawit merah kecil varitas ori 212 Rp 93.000/kg, cabe rawit varitas lokal Rp 90.000 /kg, cabe rawit varitas prentul stroberi dan kencana Rp 90.000/kg, cabe rawit varitas kencana Rp 90.000/kg dan cabe rawit varitas dewata Rp 80.000/kg.

 

Tags : Harga Cabai , Produksi Cabai

Berita Terkait