Pemerintah Matangkan Rencana Eksplorasi Panas Bumi Tampomas

| Senin, 08/03/2021 10:43 WIB
Pemerintah Matangkan Rencana Eksplorasi Panas Bumi Tampomas Energi Panas Bumi (Doc: BUMN)

RADARBANGSA.COM - Pengeboran wilayah kerja panas bumi di Gunung Tampomas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, tengah dalam tahap eksekusi oleh Pemerintah mulai tahun 2021.

Optimalisasi potensi panas bumi di lokasi tersebut sebagai syarat untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) serta percepatan pengembangan proyek Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Berdasarkan hasil studi Badan Geologi, wilayah Gunung Tampomas memiliki sumber daya panas bumi sebesar100 Mega Watt (MW) dengan rencana pengembangan sebesar 55 MW.

Pelaksanaan program WKP Tampomas sendiri akan dilakukan pada tahun 2021 dan 2022 meliputi kegiatan sosialiasai, koordinasi hingga pengurusan perizinan.

Direktur Panas Bumi, Harris menegaskan, panas bumi diharapkan dapat berperan dengan menyumbangkan 7.241,5 MW kapasitas terpasang di tahun 2025. Saat ini, jumlah kapasitas terpasang baru 2.130,7 dari 4.793 MW dimana Jawa Barat menyumbang paling besar sebesar 1.193,8 MW.

"Hasilnya sangat positif meskipun awal-awal pelaksanaan kegiatan panas bumi banyak dinamika. Yang paling penting adalah sinergi semua pihak melihat semua ini sebagai proyek kepentingan bersama," tutup Harris.

Tags : Panas Bumi , EBT

Berita Terkait