Jatim Refocusing Anggaran Vaksinasi Covid-19 Sebesar Rp1,2 Triliun

| Kamis, 25/03/2021 12:15 WIB
Jatim Refocusing Anggaran Vaksinasi Covid-19 Sebesar Rp1,2 Triliun Pemerintah melakukan vaksinasi covid19 kepada petugas publik (foto: kemkesgoid)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur menyatakan akan kembali melakukan refocusing anggaran untuk vaksinasi Covid-19 di Jatim yang diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp.1,2 triliun.

Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad mengatakan bahwa permintaan recofusing pada APBD 2021 muncul setelah APBD Jatim 2021 disahkan. Artinya, DPRD dan Pemprov Jatim harus membicarakan formula yang terbaik terkait pos-pos anggaran mana saja yang akan direfocusing.

"Refocusing itu tidak harus mengikuti penjadwalan pembahasan APBD atau harus menunggu perubahan APBD, tapi bisa setiap saat. Jadi kami ingin refocusing itu diarahkan seseuai dengan ketentuan yang ada," kata Sadar dikutip melalui laman Kominfo Jatim, Kamis 25 Maret 2021.

Sadad juga belum memastikan untuk mengeluarkan wacana agar kran vaksinasi mandiri dibuka, yang tentunya dapat mengurangi beban anggaran pemerintah.

"Kita belum sampai bicara ke arah itu, sebab masih fokus mencari Rp 1,2 triliun itu dari mana,"pungkas Sadad.

Sebagai informasi, vaksinasi Covid-19 kepada 181,5 juta penduduk Indonesia itu dibagi dalam empat tahap. Pertama untuk tenaga medis, kedua untuk pelayanan publik dan lansia yang dijadwal hingga akhir April, ketiga masyarakat di daerah kasus tinggi, dan keempat untuk masyarakat umum.

Tags : Anggaran Covid , Refocusing

Berita Terkait