Peringati Harkonas, Pemerintah Masifkan Tagar #AmanBelanjaOnline

| Kamis, 22/04/2021 16:02 WIB
Peringati Harkonas, Pemerintah Masifkan Tagar #AmanBelanjaOnline Konsumen Banyak Adukan Perdagangan Online (Foto: Liputan6)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah yang dalam hal ini adalah Kementerian Perdagangan menggandeng Facebook dalam meluncurkan kampanye Aman Belanja Online melalui tagar #AmanBelanjaOnline pada hari ini, Kamis 22 April 2021.

Kampanye ini merupakan bagian dari peringatan hari konsumen nasional (Harkonas) tahun ini yang bertema “Konsumen Berdaya, Ekonomi Meningkat”.

Direktur Jenderal PKTN Veri Anggrijono menyampaikan, kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat seputar kiat aman berbelanja secara online.

ini juga selaras dengan komitmen Facebook untuk terus menyediakan lingkungan online yang aman bagi konsumen dalam melakukan kegiatan jual beli. Untuk itu, Facebook bekerja sama dengan Kemendag akan memeriksa profil atau postingan yang terindikasi melakukan penipuan, menjual barang ilegal, maupun melanggar peraturan perdagangan lainnya secara teliti,” ujarnya.

Veri menjelaskan, kolaborasi dengan Facebook Indonesia sejalan dengan komitmen Kemendag dalam menjaga keamanan dan pengalaman konsumen Indonesia saat berbelanja, terutama di lingkungan online.

Sementara itu, Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia Ruben Hattari mengungkapkan, bahwa pandemi membawa kebiasaan normal baru yang juga membawa tantangan baru bagi para konsumen, salah satunya dalam hal keamanan berbelanja secara online.

“Banyak pelaku bisnis yang menggunakan Facebook, Instagram, dan WhatsApp untuk mempromosikan produk dan terhubung langsung dengan para pelanggan mereka. Untuk itu, Facebook Indonesia ingin mendorong para pelaku bisnis dan konsumen agar memahami ketentuan perdagangan, baik di layanan Facebook maupun peraturan yang berlaku di Indonesia,” sambung Veri.

Kami berkomitmen untuk memastikan keamanan para pengguna saat bertransaksi online, dengan menunjukkan fitur-fitur serta tips yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia agar dapat berbelanja secara aman di Facebook, Instagram, dan WhatsApp,” terang Ruben.

Adapun informasi lengkap mengenai tips berbelanja secara aman ini dan direktori UMKM yang berpartisipasi dapat diakses melalui: instamarket.kreavi.com.

 

Tags : Hakornas , Aman Belanja Online

Berita Terkait