122 Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Telah Dibangun

| Kamis, 22/04/2021 16:24 WIB
122 Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Telah Dibangun Ilustrasi. Pengisian Daya ke Kendraan Listrik (Sumber: interestingengineering.com)

RADARBANGSA.COM -  Pemerintah telah membangun 122 stasiun pengisian daya untuk kendaraan listrik hingga April 2021.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif  mengatakan perkembangan ini sejalan dengan target pemerintah yang akan membangun 3.860 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tahun 2025.

“Hingga April 2021 telah terbangun 122 unit charging station pada 83 lokasi yang tersebar di beberapa area," kata  Arifin dalam acara peluncuran Grab Langkah Hijau secara virtual, Kamis 22 April 2021.

Stasiun pengisian daya ini tersebar di banyak lokasi seperti di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), wilayah perhotelan, pusat perbelanjaan, komplek perkantoran, area parkir, dan area peristirahatan di jalan tol.

Terkait tarif isi daya kendaraan listrik, Arifin mengatakan bahwa biaya isi daya kendaraan listrik di Indonesia menjadi salah satu yang termurah di dunia, namun yang termurah tetap ditempati oleh China.

Berdasarkan informasi yang diterima, tarif Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) akan berkisar di antara Rp1.644,5 sampai dengan Rp 2.466,7 rupiah per kWh.

Ke depannya, Pemerintah akan terus memperbaiki regulasi dan insentif yang dikeluarkan agar masyarakat segera beralih ke kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Tags : Pengisian Daya Listrik ,

Berita Terkait