BI: Perbaikan Pertumbuhan Ekonomi Berlanjut

| Kamis, 06/05/2021 14:25 WIB
BI: Perbaikan Pertumbuhan Ekonomi Berlanjut Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

 

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia menyampaikan bahwa perbaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia terus berlanjut.

Hal tersebut tercermin dari data Badan Pusat Statistik (BPS), yang menunjukkan kontraksi ekonomi Indonesia yang terus menurun pada triwulan I 2021 menjadi 0,74% (yoy), lebih rendah dari kontraksi triwulan IV 2020 sebesar 2,19% (yoy).

Direktur Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan perkembangan itu utamanya didorong oleh kinerja sektor eksternal yang meningkat tajam sejalan dengan pemulihan ekonomi global yang semakin kuat dan akselerasi stimulus fiskal yang berlanjut.

“Dari sisi pengeluaran, kinerja ekspor pada triwulan I 2021 tumbuh positif untuk pertama kalinya sejak merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia, sebesar 6,74% (yoy), meningkat tinggi dari capaian triwulan sebelumnya yang terkontraksi 7,21% (yoy),” kata Erwin, Kamis 6 Mei 2021.

Perbaikan kinerja ekspor itu terutama ditopang oleh peningkatan permintaan dari negara mitra dagang utama, khususnya Tiongkok dan Amerika Serikat.

Perkembangan positif pada sektor eksternal dan perbaikan investasi mendorong perbaikan kinerja impor yang tumbuh sebesar 5,27% (yoy).

Kinerja investasi juga meningkat, tercermin dari kontraksi yang semakin berkurang menjadi 0,23% (yoy) dari kontraksi triwulan sebelumnya 6,15% (yoy).

Ke depan, BI memprediksi pertumbuhan ekonomi terus membaik sejalan dengan prospek pemulihan ekonomi global yang semakin kuat dan dorongan stimulus kebijakan yang berlanjut.

“Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), termasuk implementasi Paket Kebijakan Terpadu KSSK, untuk mendukung berlanjutnya pemulihan ekonomi nasional,” tandas Erwin.

Tags : Bank Indonesia , Pertumbuhan Perekonomian

Berita Terkait