Tahun 2021 Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi

| Jum'at, 07/05/2021 16:01 WIB
Tahun 2021 Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi Kunta Wibawa dalam webiner virtual Kemenkeu, Kamis 6 Mei 2021 (Doc: Kemenkeu)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah optimis momentum perbaikan ekonomi pada kuartal I tahun 2021 akan terus berlanjut, sehingga pada kuartal II ekonomi dapat tumbuh positif dengan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat.

Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan, Kunta Wibata mengatakan banyak indikator ekonomi berhasil menunjukkan tren positif sepanjang kuartal I 2021, diantaranya PMI yang meningkat, indeks kepercayaan konsumen yang membaik, peningkatan volume penjualan mobil dan konsumsi listrik, serta pulihnya aktivitas ekspor impor.

“Kemarin BPS sudah mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal I di 2021 sekitar minus 0,7%. Ini menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi kita itu sudah solid dan konsisten. Dan kalau kita lihat di bandingkan negara-negara lain memang hampir rata-rata negara lain itu Q1 nya relatif semuanya meningkat, tapi Indonesia termasuk yang lebih baik dibandingkan negara lain,” jelasnya dalam webiner virtual, Kamis 6 Mei 2021.

Kunta menunjukkan bahwa seluruh leading indicators di bulan Januari-Februari memang masih ada beberapa yang berada di zona merah, tetapi Kunta menambahkan bahwa mulai bulan Maret semua leading indicators sudah berada di zona hijau.

“Ini menunjukkan bahwa perekonomian Indoensia sudah berada pada tren pemulihan yang diharapkan,” sambungya.

Kunta juga berharap bahwa nanti di kuartal dua perekonomian Indonesia akan jauh lebih baik, sehingga ekonomi Indonesia  di tahun 2021 ini bisa tumbuh sesuai prediksi yaitu antara 4,5%-5,3%.

“Ini kondisi yang ingin saya sampaikan bahwa baik dari sisi konsumsi rumah tangga, investasi maupun dari sisi produksi dan terutama perdagangan internasional semuanya menunjukkan peningkatan,” tandas Kunta.

Tags : Pemulihan Ekonomi , 2021

Berita Terkait